Informasi Populer Terlengkap Budidaya Pertanian, Peternakan, Perikanan dan Perkebunan

Penanganan Hama dan Penyakit Buah Naga

Penanganan Hama dan Penyakit Buah Naga. Meskipun budidaya buah naga termasuk mudah, namun bukan berarti tidak akan ada hama dan penyakit yang menyerang tanaman buah naga. Juga meskipun tanaman buah naga termasuk tanaman yang tahan terhadap hama dan penyakit, kita tetap harus waspada. Itu untuk menjaga agar tanaman tetap sehat dan pertumbuhan serta perkembangannya bisa maksimal. Blog Budidaya Populer sekarang akan membahas hal tersebut.

Berdasarkan pengalaman petani buah naga, ada beberapa hama dan penyakit yang mengganggu tanaman buah naga. Bisa menghambat pertumbuhan bila tidak ditangani dengan tepat, bahkan bisa menyebabkan tanaman menjadi mati.

Untuk mendapatkan hasil budidaya buah naga yang maksimal, selain dengan tata cara budidaya buah naga yang benar, maka sangat penting memperhatikan soal kesehatan tanaman dan lingkungan tempat tanaman itu ditanam. [Baca: Budidaya Buah Naga Agar Cepat Berbuah]

Sekecil apapun hama dan penyakit yang menyerang tanaman, bila dibiarkan dalam waktu lama, hama dan penyakit itu akan berkembang biak menjadi banyak dan merusak tanaman. Kita perlu teliti dalam memantau perkembangan buah naga yang kita tanam.

Pencegahan Hama dan Penyakit Buah Naga

penyakit buah naga
Penyakit yang menyerang tanaman buah naga (plus.google.com)

Mencegah lebih baik dari mengobati, itu kata pepatah klasik yang juga sangat kena pada budidaya tanaman buah naga. Kita bisa melakukan pencegahan sebelum hama dan penyakit itu datang.

Ada beberapa langkah yang bisa kita lakukan untuk mencegah hama dan penyakit buah naga:
  • Usahakan selalu bersih dari gulma dan sampah;
  • Usahakan selalu tidak ada air hujan yang menggenang;
Itu dua hal yang perlu dilakukan terhadap lingkungan lahan tempat kita menanam buah naga. Ditambah dengan:
  • Pemberian fungisida secara berkala untuk mencegah serangan jamur terhadap tanaman.
Dua hal terhadap lingkungan lahan tanam dan satu hal pencegahan dengan memberikan fungisida sebenarnya sudah cukup untuk mencegah hama dan penyakit terhadap buah naga.

Hama dan Penyakit Buah Naga Serta Penanganannya

Meskipun misalnya telah melakukan pencegahan, tapi terkadang cuaca atau musim juga berpengaruh terhadap munculnya serangan hama dan penyakit pada tanaman buah naga. Untuk itu kita perlu mengetahui hama dan penyakitnya buah naga.

Penyakit Buah Naga

Ini dia penyakit yang biasa menyerang pada budidaya buah naga:

1. Fusarium

penyakit fusarium pada buah naga
Penyakit fusarium pada cabang buah naga
  • Penyebab:  Jamur Fusarium oxysporium Schl. Jamur ini menyerang karena tanah atau media tanamnya tidak bisa membuang air dengan lancar.
  • Gejala: cabang tanaman berkerut, layu, dan busuk berwarna coklat. 
  • Penanggulangannya: dengan menyemprotkan Benlate T 20 WP atau Derosal 60 WP dengan dosis 2g/liter air dalam seminggu 1-2 kali penyemprotan pada bagian batang dan cabang yang terserang penyakit.
2. Busuk Pangkal Batang

penyakit busuk pangkal batang pada buah naga
Penyakit busuk pangkal batang pada buah naga
Pada umumnya menyerang pada awal penanaman buah naga;
  • Gejala: tanaman buah naga sering mengalami pembusukan pada pangkal batang, berwarna kecokelatan dan terdapat bulu putih.
  • Penyebab: pembusukan tersebut disebabkan oleh kelembaban tanah yang berlebihan sehingga muncul jamur yang menyebabkan kebusukan yaitu Sclerotium rolfsii Sacc. Penyakit ini sering terjadi pada bibit stek yang belum tumbuh akar dalam bentuk potongan. 
  • Penanggulangan: dengan penyemprotan Benlate dengan dosis 2 g/ltr air atau menggunakan Ridomil 2 g/ltr air sebulan sekali. Bila muncul gejala kekuningan pada pangkal batang maka segera dilakukan penyemprotan pada seluruh batang dan diutamakan pada pangkal batang yang terserang.
3. Busuk bakteri

Penyakit busuk bakteri juga kerap menyerang tanaman buah naga.
  • Gejala seperti tanaman tampak layu, kusam, terdapat lendir putih kekuningan pada tanaman yang mengalami pembusukan. 
  • Penyebab: penyakit ini disebabkan oleh bakteri Pseudomonas sp. 
  • Penanggulangannya: dengan mencabut tanaman yang sakit, kemudian pada lubang tanam diberi Basamid dengan dosis 0,5-1 gram dalam bentuk serbuk kemudian pada lubang tanam tersebut ditanam bibit baru.
penyakit busuk bakteri pada buah naga
Penyakit busuk bakteri pada buah naga

Hama Buah Naga

Ada beberapa hama yang umumnya menyerang tanaman buah mangga. Apa saja itu?

1. Bekicot

Bekicot merusak cabang dan batang tanaman buah naga dengan cara menggerogoti sehingga menyebabkan batang atau cabang tanaman menjadi busuk. Hama bekicot dapat menyerang tunas - tunas muda calon cabang buah naga. Bekas gigitan bekicot akan menyebabkan serangan hama jamur atau bakteri yang menyebabkan tanaman layu kemudian busuk. Pemberantasannya dengan membuang dan membasmi semua bekicot yang berada di tanaman dan sekitar tanaman. Penyebab timbulnya hama karena kebersihan sekitar tanaman tidak terjaga kebersihannya dan lembab.

2. Kutu Batok (Aspidiotus sp.)

Kutu Batok menyerang tanaman buah naga dengan mengisap cairan pada batang atau cabang yang menyebabkan cabang berubah menjadi berwarna kuning. Pengendaliannya dengan cara menyemprotkan insektisida atau Kanon dengan dosis 1-2 cc/ltr air dengan interval waktu seminggu sekali pada batang atau cabang yang diserang. Pada umumnya setelah dua kali penyemprotan hama kutu batok sudah hilang.

3. Kutu Putih

Apabila tanaman buah naga yang diserang hama kutu putih (mealybug) khususnya pada permukaan batang atau cabang akan membentuk selaput berwarna kehitaman dan terlihat kotor. Hama ini bisa dikendalikan dengan menyemprotkan insektisida atau Kanon dengan dosis 1-2 cc/ltr air seminggu sekali pada batang ataupun cabang yang diserang. Biasanya dua kali penyemprotan hama kutu putih sudah terbasmi.

kutu putih hama buah naga
Kutu Putih hama tanaman buah naga (warasfarm.wordpress.com)

4. Kutu Sisik (Pseudococus sp.)

Kutu Sisik biasanya menyukai bagian cabang yang tidak terkena sinar matahari langsung dan cabang yang diserang hama ini menyebabkan timbul warna kusam. Hama ini juga bisa diatasi dengan penyemprotan insektisida atau Kanon dengan dosis sama dengan pengendalian hama kutu putih pada sela-sela tanaman yang ternaungi atau tidak terkena sinar matahari secara langsung.

5. Semut

Umumnya akan muncul pada saat tanaman buah naga mulai berbunga. Semut mulai mengerubungi bunga yang baru kuncup dan akan mengakibatkan kulit buah nantinya akan berbintik-bintik berwarna coklat yang akan mempengaruhi turunnya harga buah dengan kualitas seperti itu. Pengendaliannya dengan menyemprotkan Gusadrin dengan dosis 2 cc/ltr air. Semut merah biasanya menyerang bagian ujung batang yang masih muda dan pergelangan ruas batang. Semut dapat masuk dan membuat rumah didalam batang. Bagian yang terserang akan berwarna kuning, berlubang kemudian kering dan mati. Pemberantasan hama semut ini dengan menggunakan insektisida, misalnya : Basudin 50 EC atau Matador.

6. Tungau

Hama Tungau (Tetranychus sp.) akan menyerang kulit batang atau cabang yang merusak jaringan klorofil yang berfungsi untuk asimilasi dari hijau menjadi cokelat. Penanggulangannya dengan menyemprotkan Omite dengan dosis 1-2 gr/ltr air yang dilakukan 2-3 kali seminggu.

hama tungau menyerang buah naga
Tanaman buah naga yang terserang hama tungau (warasfarm.wordpress.com)
GRATIS EBOOK
BUDIDAYA BUAH NAGA 
AGAR CEPAT BERBUAH 
Serta Tata Cara Penanganan Hama dan Penyakitnya

Nah, itulah artikel tentang penanganan hama dan penyakit buah naga, semoga bermanfaat bagi yang sedang mencari referensi tentang hal ini.  [Penanganan Hama dan Penyakit Buah Naga]

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Penanganan Hama dan Penyakit Buah Naga

4 comments:

  1. gunakan jasa pembuatan website Jakarta untuk mengembangkan bisnis yang sedang Anda jalani dengan optimasi website SEO

    ReplyDelete
  2. Betway India App Review: Is Betway Legit? | jtmhub.com
    Read 안산 출장안마 our 평택 출장마사지 Betway 안양 출장마사지 India review to find out if Betway is legit and 동두천 출장마사지 reliable. Find out if you need to 전라북도 출장안마 download this apk or play with your

    ReplyDelete